Kamis, 11 Juli 2013

Baterai Terbuat Dari Virus


Baterai Terbuat Dari Virus

Baterai sudah tak asing lagi bagi kita. Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Biasanya baterai yang sekarang selalu digunakan batang karbon sebagai anode (kutub positif baterai, seng (Zn) sebagai katode (kutub negatif baterai) dan pasta sebagai elektrolit (penghantar),ini yang kemudian kita kenal sebagi baterai konvensional. Baterai jenis ini memiliki keterbatasan, yakni tidak bisa bersaing dengan bensin sebagai sumber energi kerena cepat habis.
Namun baru-baru ini, Tim peneliti internasional di Massachusetts Institute of Technology mencoba membuat sebuah lompatan besar untuk mengatasi permasalahan baterai itu. Mereka memanen talenta konstruksi virus-virus mikroskopis (virus M13) untuk menciptakan baterai ultra-mini yang berumur ultra-panjang.
Dengan cara memanipulasi beberapa gen, tim ilmuwan yang terdiri dari para profesor itu (Angela Belcher, Paula Hammond, dan Yet Ming Chiang) mampu mengelabui organisme bersel tunggal itu untuk tumbuh dan membelah diri ke dalam fungsi alat elektronik. Baterai-baterai yang ada dalam bayangan mereka nantinya adalah yang hingga berukuran butiran gandum.

0 komentar:

Posting Komentar